Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hari yang begitu menyebalkan #EdisiCurhat

Lama nggak nulis uneg uneg di hati, mendadak tangannya gatel pengen nulis lagi. Yah, buat yang demennya baca cerpen, bisa di lewatin aja postingan ini. Coretan kali ini tentang kerjaan.

Jadi ceritanya gini, gue itu tipe orang yang paling nggak demen ribet. Nah, dibandingkan dengan tiga jenis kerjaan sebelumnya yang pernah gue kerjain, kantor ini _ setidaknya sampai sekarang _ adalah yang paling nyaman. Emang sih, kalau di bandingkan dalam hal gaji, masih rada jauh dari sebelumnya. Inget, gue ngomongin gaji ya bukan penghasilan. Karena Alhamdulillah, kalau penghasilan masih berjalan mulus tanpa perubahan yang berarti.

Dalam berkerja, gue nggak perduli kalau yang di kerjain tugasnya numpuk. Tangan sampe kayak mau kriting karena kebanyakan nulis, atau harus bergadang malam malam buat looking for rumus. Karena itu memang kerjaan gue yang gue kerjain. No compline.

Misalnya, untuk laporan pajak. Udah jadi rahasia umum bukan jika perusahaan selalu membuat pembukuan yang berbeda? Biasanya sih perusahaan selalu punya penasehat pajaknya. Dan mereka di bayar. So, harusnya mereka donk yang bikin pembukuannya. Tapi kenyataannya? Biasa tetep gue yang ngerjain. Padahal harusnya kan gue cuma bikin laporan untuk perusahaan doank, bukan pajak.

Atau mungkin di lain cerita. Gue masuk kerja di bulan september 2014. Tapiiiiiii, gue di suruh ngerekap dari tahun 2011, tiga tahun sebelumnya dimana sumbernya itu kacaaaaauuuu banget. Pusing pala barbe deh kalau liat. Ya karena gue ngerasa itu kerjaan gue tetep aja gue kerjain. Kan emang karena itu gue di bayar. Bener nggak sih?

Oke lah, gue nggak akan kebanyakan bahas yang dulu - dulu. Mendingan cerita kerjaan yang sekarang aja. Jadi seminggu sekali itu biasanya gue setoran ke bank. Kebetulan gue disini sudah hampir tiga bulan, kalau sebulan ada 4 minggu kali 3 sama dengan sekitar 12 kalian lah gue kesana. Itu minimal, karena kadang gue bisa sampe dua atau tiga kali kesana dalam seminggu.

Tujuan gue ke bank adalah buat stor hasil cicilan dari konsumen. Sebanyak apapun konsumen itu, sebanyak itulah slip yang harus gue setorin. Dan setoran konsumen juga perusahaan dapatnya seminggu sekali. Makanya langsung di setor ke bank.

Sebulan awal, fine fine aja. Dua bulan selanjutnya, orang bank mulai gak enak nih pelayanannya. Dan di bulan ini, sumpah nyebelin. Secara yang namanyanya ngelayani nasabah itu emang udah tugasnya mereka kan? Setidaknya yang gue tau mereka emang di bayar buat ngelakuin itu.

Jadi waktu gue datang, biasanya gue bawa sekitar 10 sampai paling banyak 16 slip transaksi lah. So gue harus antri, begitu tiba giliran gue, mereka hanya akan melayani 3 slip baru kemudian melayani sekian nasabah lainnya yang gue nggak tau berapa hitungannya yang jelas gue akan duduk antri lagi. Bisa sampe satu, dua atau mungkin 3 jam jika kebetulan orangnya rame. Tapi yang namanya kerjaan gue, ya gue harus nunggu so gue tungguin.

Gondoknya itu, kejadian minggu lalu. Yang namanya teller atau Cs kalimatnya itu kan paling "selamat siang mbak, ada yang bisa di bantu", atau apalah. Terus terang gue pribadi punya 4 akun rek bank berlainan. Dan bank manapun yang gue samperin biasanya kalimat sapaannya lebih kurangnya begitu. Nah, doi (yang katanya manager pendiri cabang _ waktu itu gue belum tau) nggak pake kalimat pembuka, secara bodo amat gue juga nggak peduli ada pembukanya atau nggak, tapi dengan sengaknya doi ngomong "Ini ajaran siapa bikin slip kayak gini?" tepat setelah gue nyodorin slip storan gue.

Heloooooo, setor kayak gitu udah dari sebelum sebelum gue kaleeeeeeeee. Gue mah masih terhitung karyawan baru, di suruh ma atasan gitu yang gue bikin gitu. Toh gue cuma tinggal stor sama antri. Lagian kalau emang salah, kalimatnya nggak gitu juga kali. Emangnya di bank nggak di ajarin PR ya? Kan enak di denger kalau bilang "Harusnya kalau mau setoran nggak gini mbak, tapi..." ya tunjukin cara yang bener itu gimana. Kan gue nggak tau. Lagian sebelum sebelumnya juga gitu.....

Oke, gue mulai nggak respek nih sama ni orang. Sebodo amat doi mau manager, pemilik, atasan atau apalah. Bukan dia ini yang bayar gaji gue. Ya gue diemin aja. Selesai doi ngehitung uang sama mencocokan data yang tertulis di slip, gue duduk di kursi tunggu kayak biasa. Mending juga ngestalk ricis bisa sambil ketawa.

Nggak ada angin nggak ada hujan doi ngomong, kalau next setoran di bawah 25 juta pake mini nota aja. Nggak tau ni orang ngomong sama siapa? Sama tembok kali ya. Gue diem aja donk, nggak ngerasa ngomong sama gue juga. Baru deh Ob nya ngehampirin. Kata Ob nya bapaknya barusan ngomongnya sama gue. Secara, gue itu duduknya di belakang deretan orang antri tauuuuuuu. Ya mana tau tau gue dia ngomong sama gue. Sarap tu orang.

Okelah, gue yang butuh. Gue ngehampiri donk. Secara mini nota itu apa juga gue nggak tau. Terus terang gue nggak pernah pake bank yang satu ini sebelumnya. Secara di selatpanjang belum ada cabangnya, jadi ya gitu. Masih awam banget gue sama sistem disini.

Gila aja bro, giliran gue di depannya, doi diem aja. Ya udah lah, gue nyabarin diri. Gue yang nanya, "Ada apa ya pak?"

Dia jawab, "Lain kali kalau setor, pake nota mini aja ya."

Dengan polosnya gue nanya karena sekali lagi, gue emang nggak tau. "Nota mini itu apa?"

And you know, doi diem aja. Heh! Rasanya pengen gue bunuh ni orang. Songong banget sih. Akhirnya teller di sebelahnya yang jawab, nota mini itu ada di sana (nunjuk tempat berkas), gue ambil deh. Gue kedepan lagi buat mastiin, "bener yang ini?" (Masih) teller yang sebelahnya yang jawab. "Iya yang itu aja."

Gue sengaja ambil banyak buat di kantor. Secara kalau ke bank kan gue tinggal stor, slip storannya juga biasanya di isi di kantor. Gue kembali duduk karena ternyata belum selesai.

Dan minggu ini, tepatnya kemaren tanggal 24 November 2015, gue ke bank lagi _ masih dengan slip yang lama _, bukan 'nota mini', karena bos gue nggak mau pake nota mini. Doi juga butuh kopian slip untuk ngisi berkas kustomer kami. Secara di kantor kan juga ada pembukuan tersendiri.

Ya gue ngomong donk ke bos kalau bank maunya pake 'nota mini'. Tapi Bos bilang udah nggak papa. Kemaren doi emang udah datangi bank nya. Secara kebetulan sebelumnya itu bank yang nyamperin bos buat buka rek disana. Katanya oke aja. Kalo emang di buat ribet, bos bilang mending tutup akun ganti bank aja. Udah beres. Kalau masih ada masalah, ntar telepon bos gue aja, biar dia yang ngomong. _ Lagi - lagi _ karena gue ngerasa ini kerjaan gue, ya gue woles aja.

Ntah gue emang lagi sial atau gimana, Bapak yang kemaren lagi yang ngadepin gue, padahal gue tau kalau doi jelas bukan teller nya. Secara namanya siapa juga gue nggak tau. Nggak ada tulisannya.

Oke, di mulai dari gue antri. Di depan gue udah nggak ada orang. Tu Bapak juga udah nggak ngelayani nasabah lain, tapi gue nggak di panggil. Dari pada kayak orang bego, gue berdiri kayak patung gitu, gue maju aja deh. Secara emang udah giliran gue.

Eh, dia kompline masalah slip lagi. Kayak yang di suruh, gue bilang bos gue nggak mau. Atau kalau nggak bapak aja yang ngomong sama bos aja langsung. Ya udah, mana bosnya dia mau ngomong. Gue telp deh bos, gue bilang teller nya mau ngomong. Gue nggak tau bos ngomong apa intinya tu orang ngomong buat jangan pake slip lagi tapi pake nota mini. Setelah matiin telp, dia ngomong sama dua orang teller yang ada disampingnya. Ngasi perintah "Lain kali kalau masih pake slip ini, nggak usah di layani." Selesai...

Kemudian dia nyocokin jumlah uang sama slip yang gue bawa. Setelah di hitung di bilang uangnya kurang dua ratus. Tu uang baru gue keluarin dari amplop dan emang biasanya nggak gue itung lagi secara my bos biasanya juga udah ngehitung dua kali. Lagian yang dibawa uangnya banyak, gue itung lagi ya kelamaan. Pihak bank aja ngitungnya pake mesin.

Ya gue jawab donk. "Masa sih pak," dan gue sebutin jumlah uangnya. Dia hitung ulang, ternyata dia yang salah. Nggak pake minta maaf dan gue nggak butuh permintaan maaf. Tau tau dia nyapa orang di belakang gue, senyum ramah yang sumpah bikin gue mual pengen muntah, dia ngelayani tu orang ala pengawal pada sang raja padahal gue masih berdiri tepat di hadapannya. Siapa yang nggak gondok coba. Tanpa perlu di suruh, gue duduk di kursi tunggu kayak biasa.

Hampir dua jam, gue perhatiin udah nggak ada lagi orang yang antri. Gue lirik jam. Oh udah jam 5 sore. Saatnya bank tutup and ini juga udah jam pulang gue kan. Akhirnya gue di pangil. Dari 9 slip yang gue bawa masih ada 3 yang harus di input data. Bapak yang tadinya ngomong sama gue udah nggak ada. Tinggal anak magang yang emang udah gue tau orangnya yang ngeleyani gue. Sambil kerja gue tanyain, "Bapak yang tadi itu namanya siapa sih?"

Di sebutin sama orang itu namanya sekalian di terangin kalau dia adalah manager pendiri bank cabang tersebut.

"O," cuma itu tanggapan gue.

Jadi orang sengak gitu managernya? HAH!!!! Mending belajar PR dulu sana gih!

Udah, sekian.... Itu saja.....

Ana Merya
Ana Merya ~ Aku adalah apa yang aku pikirkan ~

4 comments for "Hari yang begitu menyebalkan #EdisiCurhat"

  1. Mungkin Bpk manajer yg terhormat perlu dikasih poster ''anak kecil aja tau''

    ReplyDelete
    Replies
    1. #Hira.... Mungkin begitu...
      Tapi mungkin juga karena...
      Karena.....
      Karena dia lelah... #Ekh

      Delete
  2. Cerita ini lebih menarik dr cerpenmu na, haha

    Jadi udah tukeran nomer hp sama managernya? XD

    ReplyDelete
  3. Pasti karena Aa Gie nggak suke cerpen... Iya kan? :D

    Tukeran nomor hape? Nggak lah. Kan maunya tukeran nomor pin.
    PIN ATM... Halakh....

    ReplyDelete

Belajar lah untuk menghargai sesuatu mulai dari hal yang paling sederhana...