Pantai Suwuk Kebumen #EdisiTraveling

Berbicara tentang wisata di Jawa Tengah, pasti yang terbesit di kepala adalah Jogjakarta. Padahal sebenarnya, ada banyak tempat di Jawa Tengah yang menyimpan pesona alam yang tidak kalah cantik dengan Jogjakarta, Kebumen misalnya. Jika Anda kebetulan sedang berkunjung ke daerah Kebumen, sempatkan untuk mampir ke Pantai Suwuk.

Pantai Suwuk Kebumen

Pantai yang terletak di wilayah dusun Suwuk, Kecamatan Puring-Kabupaten Kebumen ini bisa ditempuh selama 35 menit dari Kota Gombong. Namun akan memakan waktu lebih lama jika Anda datang dari pusat kota, karena harus menempuh jarak jauhnya sekitar 50 km dengan kisaran waktu tempuh 1.5 jam. Dengan lamanya jarak tempuh yang harus dicapai, pasti akan terbayar dengan kepuasan hati jika Anda berhasil sampai ke sana.

Apalagi dengan suguhan pemandangan yang begitu indah juga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Sepanjang barat pantai, Anda akan disuguhkan dengan 3 bukit yang berbaris seolah menjadi benteng indah di tepi pantai. Enaknya lagi, Anda bisa mendapatkan tambahan wisata ke Pantai Karang Bolong yang lokasinya berdekatan dengan pantai Suwuk. Kira-kira hanya memakan waktu 5-10 menit, Anda bisa menyeberangi pantai Suwuk untuk melihat Pantai Karang Bolong.

Jika biasanya tempat wisata yang berupa pantai selalu identic dengan pasir putihnya, di Pantai Suwuk Anda akan dikejutkan dengan pesona pasir hitamnya. Pasir hitam yang akan membuat tampilan pantai menjadi lebih eksotis. Apalagi di sekitar pantai Anda masih bisa menjumpai pepohonan yang rimbun. Sungguh pemandangan yang menkajubkan.

Sayangnya, Anda tidak diperkenankan untuk berenang di pantai ini. Karena ombak pantai Suwuk sangat ganas, bahkan beberapa orang menyebutnya lebih ganas daripada pantai Parangtritis Jogjakarta. Hal ini wajar terjadi, mengingat kedua pantai tersebut masih berada dalam satu jalur Laut Selatan yang memang terkenal dengan ombak besarnya.
Terus kalau tidak bisa renang, buat apa ke sana?

Ada banyak hal yang tetap bisa dinikmati jika berkunjung ke Pantai Suwuk. Karena bibir pantai Suwuk sangat luas dan masih bisa dimanfaatkan untuk bermain bola voli, berfoto dengan background alam yang indah, piknik di bibir pantai bersama keluarga, hingga offroad di sepanjang pasir hitam. Bahkan di sana juga disediakan sewa kuda dan sepeda gowes (isi 4-6 orang)bagi pengunjung yang ingin berjalan mengitari bibir pantai.

Kabar baiknya lagi, ternyata wisata Pantai Suwuk sudah dikembangkan menajdi wisata edukatif lo. Ada pesawat Boeing yang bisa dinaiki dan dilihat bentuk aslinya dalam jarak dekat, lalu kebun binatang di bagian barat pantai. Jadi lebih menarik bukan?

Anda juga tidak perlu khawatir akan kelaparan di sana, pasalnya di lokasi ini sudah banyak warung yang menyediaka beragam jenis makanan dengan harga yang terjangkau. Andapun juga bisa mencicipi masakan khas Kebumen misalnya pecel lontong, lanting, peyek udang, peyek ubur-ubur, hingga hidangan khas pantai yaitu kelapa muda. Ada juga toko yang menjual oleh-oleh berupa aksesoris khas daerah Suwuk seperti hiasan rambut dari biji jenitri.

Mushola, kamar mandi, area parkir yang sangat luas juga menjadi fasilitas terbaik dari wisata Pantai Suwuk. Bahkan pihak pengelola juga sudah menyediakan fasilitas kolam renang lo bagi pengunjung yang ingin berenang.

Untuk bisa menikmati Wisata Kebumen Pantai Suwuk ini, pengunjung hanya dipungut biaya tiket masuk sebesar Rp 4.500,00 bagi dewasa, dan balita Rp 2.500,00 saja. nah gimana? Menarik bukan? Jadi pastikan Anda tidak melewatkan wisata pantai Suwuk ini ya!


Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 1:56:00 PM

2 komentar:

Belajar lah untuk menghargai sesuatu mulai dari hal yang paling sederhana...

Stalkers