5 Tempat Wajib Dikunjungi Saat ke Solo

5 Tempat Wajib Dikunjungi Saat ke Solo _ Menjelajahi negara kepulauan Indonesia tentu tidak akan ada habisnya. Disaat kamu sudah menjelajahi pulau Sumatera, maka kamu ingin menjelajahi pulau lainnya seperti Jawa, Kalimantan, Bali, Sulawesi bahkan Papua.

Biaya yang dikeluarkan untuk menjelajahi semua ini tentu tidaklah sedikit. Kamu perlu mengeluarkan banyak biaya untuk bisa menapakkan kaki di berbagai wilayah di negeri ini.

Namun, jika kamu memiliki biaya perjalanan yang seadanya, maka kamu bisa memulainya dengan mengunjungi beberapa tempat yang kental akan nilai sejarah di pulau Jawa. Salah satunya adalah kota Solo atau Surakarta.

Menjelajahi kota Solo tidak perlu menghabiskan banyak biaya karena kamu bisa mengakses kota ini dengan transportasi darat seperti kereta api. Stasiun Solo Balapan adalah tempat dimana kamu bisa memulai petualangan baru di kota ini.

5 Tempat Wajib Dikunjungi Saat ke Solo
Sumber: cdn.sindonews.net

Kamu bisa menaiki kereta api dari kota-kota besar di pulau Jawa seperti Jakarta, Bandung, Surabaya dan sebagainya untuk mencapai kota Solo. Kamu bisa membeli tiket kereta api langsung di loket stasiun keberangkatan atau membelinya secara online.

Kamu bisa memesan tiket online langsung di situs web PT KAI (Kereta Api Indonesia) atau di situs web Traveloka, sebagai salah satu rekanan resmi PT KAI dalam menjual tiket kereta. Proses pemesanan tiket PT KAI di Traveloka.com tidak membutuhkan waktu lama. Kamu bahkan bisa memesannya langsung dari gadget, kapan saja dan dimana saja.

Setibanya kamu di kota ini, kamu bisa mengunjungi beberapa tempat favorit yang kerap didatangi oleh turis-turis lokal dan mancanegara. Namun, pastikan kamu telah memiliki rencana perjalanan terlebih dahulu, guna menghindari terbuangnya waktu saat berwisata di kota ini.

Jika kamu belum mempersiapkan rencana perjalanan tersebut, ada baiknya kamu membaca beberapa referensi tempat wisata, seperti tempat-tempat wisata berikut ini:

  1. Air terjun Grojogan Sewu
    Ingin segera melihat sesuatu yang segar sesampainya di Solo? Datanglah ke air terjun Grojogan Sewu. Namun, pastikan kamu menggunakan alas kaki yang nyaman saat mengunjungi tempat ini.
    Lokasinya yang jauh memaksa kamu untuk berjalan dan melewati puluhan anak tangga untuk mencapai air terjun. Kamu juga perlu untuk membawa perbekalan makanan ringan dan minuman untuk menjaga stamina tetap terjaga hingga di lokasi air terjun.
    Air terjun dengan ketinggian lebih dari 80 meter ini sangat indah untuk diabadikan dalam gambar. Selain pancuran air terjun yang menjulang tinggi, kamu juga bisa melakukan swafoto di ‘Jembatan Cinta’ yang terletak tak jauh dari lokasi air terjun. Guna menambah romantisme saat berada di sana, jangan lupa untuk mengajak pasangan kamu saat berswafoto, ya.
  2. Museum Purbakala Sangiran
    Kota Solo sangat kental dengan peninggalan sejarah. Jika berwisata sejarah adalah salah satu alasan kamu mengunjungi kota ini, maka kamu berada pada tempat yang tepat.
    Salah satu wisata sejarah yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengunjungi Museum Purbakala Sangiran. Museum ini merupakan salah satu area wisata seluas 56km di kaki Gunung Lawu, yang merupakan situs purbakala terlengkap se-Asia.
    Tempat wisata ini juga sangat tepat untuk dikunjungi bersama anak-anak karena menempatkan berbagai peninggalan zaman purbakala yang sangat menarik untuk diketahui anak-anak.
  3. Keraton Surakarta
    Tidak lengkap rasanya jika tidak mengunjungi Keraton Surakarta saat kamu sudah berada di kota Solo. Keraton ini merupakan salah satu peninggalan sejarah yang menjadi saksi kemerdekaan Indonesia. Dengan berkunjung ke keraton ini, kamu bisa menemukan berbagai ornamen dan benda-benda pusaka milik kerajaan Surakarta.
    Keraton ini dibangun oleh Sunan Paku Buwono 2 pada tahun 1744 dan dirancang langsung oleh Pangeran Mangkubumi (Sultan Hamengkubuwono I).
  4. Nagropuro Night Market
    Jika kamu ingin menikmati suasana kota Solo di malam hari, ada baiknya kamu menyempatkan diri untuk berkunjung ke tempat ini. Sekadar berburu makanan seperti Nasi Liwet, Cabuk Rambak atau Wedang Ronde bisa kamu lakukan di tempat ini.
    Selain itu, kamu juga mencari berbagai benda-benda khas Solo yang turut dijual di sini. Merasa harga barang terlalu mahal, kamu juga bisa menawarnya, lo.
  5. Kampung Batik Laweyan
    Sebelum kembali ke tempat asal, kamu perlu untuk mengunjungi Kampung Batik Laweyan untuk membeli oleh-oleh batik. Salah satu pusat penjualan batik di kota Solo ini sangat tepat untuk dikunjungi oleh wisatawan yang penasaran akan kekhasan batik Solo.

Nah, itulah lima tempat wisata yang bisa kamu kunjungi selama berada di Solo. Sebelum kamu kembali dengan kereta api, pastikan kamu mengemas barang dengan baik, ya!


Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 1:48:00 PM

4 komentar:

  1. Ini semacam tulisan promote kah? atau lagi ikutan lomba?

    kenapa solo? nggak berdua? #eh :D

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. Bukan pelit, tapi hemat.
      Naaahhh... Lhoooo....

      Delete

Belajar lah untuk menghargai sesuatu mulai dari hal yang paling sederhana...

Stalkers